">Revolusi Jasa Cetak Buku - PENTASGRAFIKA.com

Revolusi Jasa Cetak Buku

Revolusi Jasa Cetak Buku dari Masa ke Masa

Revolusi Jasa Cetak Buku dari Masa ke Masa terdapat perbedaan yang sangat signifikan dari segi teknologi hingga kualitas bahan yang dipergunakan untuk percetakan

Sama seperti halnya dengan perkembangan zaman yang terus maju dan mengalami evolusi.

Evolusi ini tentunya juga berpengaruh pada jasa cetak buku yang semakin meningkat, beragam serta canggih.

Salah satu aspek yang paling bisa dirasakan adalah dalam cara penggunaan teknologi untuk mencetak buku.

Lalu, bagaimana revolusi jasa cetak buku dari masa ke masa utamanya di Indonesia.

Berikut ini penjelasannya Revolusi Jasa Cetak Buku tersebut:

Perkembangan industri percetakan dimulai dengan ditemukannya kertas. Kertas inilah yang menjadi media utama untuk menorehkan tinta dalam industri jasa cetak buku.

Permulaan percetakan ini telah dimulai ratusan tahun yang lalu. Tepatnya, di tahun 1659 atau saat era penjajahan Belanda.

Tahun 1659 adalah tahun masuknya teknologi percetakan pertama di Indonesia. Alat ini dinamakan Almanak Tijdboek.

Diperkirakan pula pada abad ke 17 Nederland atau pemerintah Hindia Belanda juga membuka usaha percetakan di Indonesia tepatnya di Jakarta.

Namun, hal tersebut tak berlangsung lama karena berbagai macam masalah. Pendudukan pemerintah Hindia Belanda di Indonesia juga berakhir pada abad ke 19.

Di Indonesia sendiri, R.M Tirtoadisoerjo (R.M Djokomono : nama sebelumnya) dikenal sebagai pelopor sekaligus perintis usaha percetakan di Indonesia di kalangan pribumi.

Sebelumnya R.M Tirtoadisoerjo mendirikan toko buku dan alat tulis jawa.

Tahun 1904 Beliau berhasil menerbitkan majalah dan kemudian berlanjut dengan mendirikan penerbitan surat kabar di Bandung.

Perkembangan Teknologi bagi Revolusi Jasa Cetak Buku

Perkembangan dunia percetakan mulai pesat pada tahun 1990an di mana teknologi Computer to Film (CTF) mulai masuk ke Indonesia dan digunakan oleh percetakan skala besar sampai skala kecil.

Pada tahun 2000an penggunaan teknologi CTF ini mulai beralih ke  teknologi CTP (Computer to Plate).

Kemudian tahun 2007 ke atas, muncul lagi beberapa peluang dan inovasi yang menjanjikan seperti Digital Printing, 3D Printing dan Water Transfer Printing.

Itulah evolusi dan perkembangan teknologi percetakan di Indonesia mulai dari awal hingga sekarang yang telah menggunakan teknologi digital printing.

Perkembangan tersebut membutuhkan waktu bertahun tahun alias tidak instan. Hal tersebut juga terjadi karena usaha manusia yang ingin selalu berinovasi sehingga bisa menciptakan teknologi yang lebih canggih dan memiliki kualitas bagus serta lebih mudah digunakan.

Dengan hal inovasi tersebut, maka hal tersebut juga sangat menunjang perkembangan industri jasa cetak buku di era ini. Saat ini banyak sekali jasa cetak buku yang ada di Indonesia.

Mereka juga telah mengadopsi berbagai kecanggihan teknologi yang ada.

Selain itu, hal tersebut juga tentunya diimbangi dengan kualitas untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat.

Dengan banyaknya saingan yang juga mengusung teknologi canggih, tentunya harus ada faktor lain yang juga bisa dijadikan sebagai nilai lebih di mata para konsumen.

Digital printing yang telah banyak digunakan ini juga memiliki beberapa kelebihan antara lain : membuat waktu produksi menjadi lebih cepat, bisa melakukan print sesuai dengan keinginan (POD), proses cetaknya yang langsung terlihat hasilnya, memerlukan tenaga kerja yang lebih sedikit serta proses kerja yang lebih mudah sehingga bisa dilakukan oleh pemula sekaligus.

Apabila dibandingkan dengan teknologi lama yang digunakan jasa cetak buku dulu, tentunya teknologi sekarang lebih efisien. Nah, sebagai referensi apabila Anda ingin memesan jasa cetak buku dengan teknologi terkini seperti digital printing Anda bisa menggunakan jasa percetakan dari Pentas Grafika. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi…

Jasa Percetakan Cetak Buku dan Cetak Majalah – Percetakan PENTASGRAFIKA.com

Untuk lebih jelasnya mengenai Harga Layanan Percetakan PENTASGRAFIKA untuk Digital Printing bisa langsung ke Menu Produk Percetakan atau bisa chat langsung ke Whatsapp PENTASGRAFIKA di bawah ini :