">Perbedaan Brosur dan Pamflet - PENTASGRAFIKA.com

Perbedaan Brosur dan Pamflet

Percetakan PENTAS GRAFIKA – Jakarta

Brosur dan Pamflet merupakan dua media promosi yang sering digunakan oleh perusahaan.

Terkadang konsumen bingung dengan keberadaan brosur dan pamflet.

Meskipun brosur dan pamflet memiliki fungsi yang sama, namun mereka memiliki perbedaan. Berikut ini perbedaan brosur & pamflet

Mengenal Perbedaan Antara Brosur dengan Pamflet

Brosur

Brosur merupakan salah satu media promosi yang sering digunakan perusahaan karena media promosi ini memberikan informasi yang detail mengenai produk dan jasa.

Biasanya brosur dibagikan oleh salesman, agen penjualan dan produsen kepada pelanggan yang tertarik dengan produk yang ditawarkan.

Pamflet dan brosur memiliki ukuran yang sama yaitu selembaran kertas folio atau A4. Tapi, biasanya brosur dapat dilipat atau dapat dijilid.

Ciri-Ciri Brosur

  • Pada umumnya mempunyai pesan tunggal yang ingin disampaikan.
  • Bertujuan untuk dapat meniformasikan, mengedukasi, serta juga membujuk atau juga mempengaruhi orang/pelanggan untuk membeli suatu produk yang ditawarkan
  • Penerbitannya hanya sekali.
  • Desain yang dibuat semenarik mungkin supaya menarik perhatian publik.
  • Pendidistribusiannya dengan secara tersendiri oleh pembuat brosur tersebut.
  • Memiliki isi yang jelas dan ringkas.

Fungsi Brosur

Fungsi utama dari sebuah brosur adalah untuk memberikan informasi kepada masyarakat mengenai suatu produk yang ingin ditawarkan kepada konsumen secara detail dan penyampainnya secara lisan dan juga sebagai alat iklan atauppun juga alat promosi, yang menarik

Pamflet

Pamflet atau bisa juga disebut selebaran, sebaran, risalah, tebaran adalah tulisan yang dapat disertai dengan gambar atau tidak, tanpa penyampulan maupun penjilidan, yang dicantumkan pada selembar kertas di satu sisi atau kedua sisinya, lalu dilipat atau dipotong setengah, sepertiga, atau bahkan seperempatnya, sehingga terlihat lebih kecil.

Ciri Ciri Pamflet

  • Pada umumnya menggunakan bahasa yang singkat, jelas dan persuasif.
  • Ditulis dengan jelas (huruf cetak) agar mudah terbaca.
  • Pada umumnya, tema-tema yang digunakan bersifat aktual (up to date).

Fungsi Pamflet

Pamflet sangat berguna apabila digunakan untuk komunikasi dalam berbisnis. Secara spesifik, tujuan pamflet yaitu untuk mengedukasikan, menginformasikan, atau menghibur penerima tertarget. Pada umumnya, pamflet digunakan untuk mempromosikan slogan dan pesan.

Anda juga bisa mengikuti Artikel PENTAS GRAFIKA melalui Social Media di Facebook, Twitter atau Channel Youtube.