Cover Buku Novel Remaja yang Menarik

Mungkin anda sudah pernah mendengar tentang pepatah “jangan menilai sebuah buku hanya dari sampulnya saja” – nyatanya sampul adalah hal penting yang kebanyakan orang menilai saat membeli sebuah buku. Ada banyak yang harus anda perhatikan saat ingin membuat cover buku novel remaja. Buku dengan sampul grafis yang menarik pastinya lebih menarik perhatian banyak orang dibandingkan dengan buku yang mempunyai sampul biasa saja. Kali ini artikel akan membagikan tips seputar cara membuat cover buku novel menarik.

1. Temukan ide dan inspirasi untuk sampul buku

Jika anda tertarik untuk membuat cover buku yang bagus, hal pertama yang harus anda tahu adalah ide atau inspirasi desain yang bisa anda gunakan untuk sampul buku. Aspek utama dari cover atau sampul buku harus anda perhatikan dengan saksama dimana anda ingin menyampaikan pesan yang bisa dilihat dari visualnya. Anda harus bisa pastikan jika sampul buku anda bisa menarik banyak perhatian orang yang akan menjadi target pasar anda.

Anda juga bisa dapatkan banyak ide dari buku-buku lain dari genre yang sama seperti buku bestselling. Saat anda melihat desain bukunya, maka anda bisa temukan pola visual dan elemen tertentu yang muncul. Nah, anda bisa gunakan cover buku novel menarik sebagai referensi.

2. Pilih software untuk mendesain sampul buku

Mendesain sampul buku bisa anda lakukan dengan mudah dengan aplikasi digital yang sekarang sudah semakin bertambah banyak. Hampir semua software untuk desain grafis bisa anda pakai untuk membuat desain cover. Jika anda belum terampil membuat desain, banyak aplikasi desain yang bisa menjadi pilihan tepat anda untuk membuat cover buku novel remaja.

Namun jika anda sudah berpengalaman dalam bidang desain, anda bisa gunakan software atau aplikasi desain grafis profesional untuk membuat desain cover buku terbaik.

3. Gunakan elemen grafis

Jika anda ingin mempublikasikan buku tersebut secara luas, anda harus perhatikan beberapa elemen visual pada sampul buku anda. Hal tersebut biasanya berkaitan dengan Hak Cipta terkait dengan gambar-gambar yang tersedia di internet. Menggunakan gambar dengan copyright secara ilegal bisa membuat anda mendapatkan masalah lain nya. Pastikan anda harus bisa memastikan darimana sumber gambar atau elemen visual yang dipakai untuk buku anda,

Anda juga bisa mengambil foto sendiri sebagai sampul atau gunakan jasa fotografer. Alternatif lain yang banyak dipilih adalah menggunakan gambar bebas copyright yang bisa anda dapatkan di beberapa situs internet.

4. Tentukan dimensi cover

Untuk membuat sampul buku novel remaja atau novel lainnya pastikan anda menentukan dimensi desainnya. Anda bisa coba beberapa ukuran aspek rasio sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda. Semoga informasi ini bisa memberikan ide tentang cover buku novel remaja.

Cetak buku murah pentas grafika telah memberikan pelayanan jasa percetakan buku atau print buku dan juga cetak majalah full colour, baik cetak buku unit ataupun cetak buku dalam jumlah besar. Maka dari itu kalau anda membutuhkan jasa cetak e-book langsung dapat menggunakan pelayanan cetak buku dari pentas grafika. Karena pentas grafika mampu memberikan layanan jasa cetak buku online dan bisa langsung dikirim ke alamat anda di seluruh wilayah Indonesia. cetak buku.

Kategori: Blog

error: Content is protected !!