Cara Membuat Cover Atau Sampul Buku

Pembungkus buku, atau cover buku, sebaiknya tidak dibuat secara sembarangan Cover buku, sebaiknya dibuat sesuai dengan selera dan mengikuti perkembangan selera pasar yang ada saat ini. Tapi tetap, cover buku harus sesuai dengan isi dari buku yang dibuat itu sendiri.

Cetak buku murah pentas grafika telah memberikan pelayanan jasa percetakan buku atau print buku dan juga cetak majalah full colour, baik cetak buku unit ataupun cetak buku dalam jumlah besar. Maka dari itu kalau anda membutuhkan jasa cetak e-book langsung dapat menggunakan pelayanan cetak buku dari pentas grafika. Karena pentas grafika mampu memberikan layanan jasa cetak buku online dan bisa langsung dikirim ke alamat anda di seluruh wilayah Indonesia. cetak buku.

Untuk cara membuat cover atau sampul buku, sebenarnya tidak terlalu sulit. Ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan dengan baik, antara lain :

1. Temukan Inspirasi dan ide untuk desain cover buku

Hal pertama yang perlu Anda lakukan sebagai cara membuat cover atau sampul buku adalah, mencari inspirasi desain atau ide untuk cover buku tersebut.

Tentunya ada aspek paling penting, yang harus diperhatikan disini. Yaitu kekuatan penyampaian pesan, yang ditampilkan oleh cover buku tersebut. Pastikan cover yang akan Anda buat mampu menarik perhatian orang-orang, yang jadi target pasar.

Salah satu cara membuat cover buku anak yang paling mudah, misalnya adalah dengan mencari inspirasi cover buku dari berbagai genre yang sama. Dari ini, Anda akan menemukan pola visual, serta aneka elemen yang muncul secara berulang. Yang membuat anda mudah menemukan inspirasi cover secara tepat.

2. Pilih software desain cover buku

Setelah menemukan ide cover buku yang tepat. Maka berikutnya adalah mulai mendesain cover buku tersebut. Jika beberapa tahun yang lalu, Anda harus mendesain atau menggambarnya sendiri. Maka tidak kali ini, Anda dapat menggunakan aplikasi digital.

Hampir semua software desain grafis, dapat Anda gunakan untuk membuat cover buku tersebut. Misalnya saja Anda ingin membuat cover buku 3d online, tidak perlu bingung, saat ini ada beberapa aplikasi desain, yang dapat dipilih dan gunakan.

Tapi untuk Anda yang memang sudah berpengalaman, dalam hal desain. Tentunya membuat cover buku dengan corel draw, Adobe, In Design, dan yang lainnya, akan jadi pilihan menarik, untuk menciptakan sampul buku yang diinginkan.

3. Memilih elemen grafis yang tepat

Apabila anAnda da ingin mempublikasikan buku yang sedang dibuat. Sudah pasti Anda harus mempertimbangkan aneka elemen visual yang akan tampil pada cover buku yang akan dipublikasikan tersebut. Kareha hal-hal seperti ini, ada kaitannya dengan Hak Cipta, apalagi ketika Anda mengambilnya secara acak menggunakan internet.

Dalam cara membuat cover buku 3d yang baik, Anda dapat menggunakan gambar yang dibuat sendiri, hasil foto sendiri, atau bahkan menggunakan jasa fotografer profesional. Atau bisa juga Anda menggunakan gambar yang bebas copyright. Terbilang aman, dan Anda tidak akan terkena masalah dengan hak cipta. Anda dapat memperoleh gambar-gambar tersebut dengan mudah di beberapa website fotografi tertentu, secara gratis.

Tapi apabila Anda memang handal dalam hal gambar menggambar, tidak ada salahnya jika membuat gambar sendiri. Hasilnya pasti jauh lebih unik, orisinil dan pastinya cover tersebut akan tampil secara lebih istimewa.    

4. Menentukan dimensi cover

Tahapan atau cara buat hard cover buku, berikutnya yang perlu diperhatikan, adalah ukuran dimensi dari buku itu sendiri. Untuk buku cetak, sedikit rumit dibandingkan buku elektronik. Mengingat masing-masing genre mempunyai ukuran standar spesifik yang digunakan oleh tempat percetakan.

  • Untuk ukuran buku fiksi misalnya mulai dari ukuran 4.25″ x 6.87″, ada juga 5″ x 8″, berikutnya 5.25″ x 8″, lalu ada juga ukuran 5.5″ x 8.5″, dan terakhir 6″ x 9″.
  • Ukuran novel hanya ada 1 ukuran yaitu 5″ x 8″.
  • Untuk ukuran buku anak-anak, yaitu sekitar 7.5″ x 7.5″, lalu 7″ x 10″, dan juga 10″ x 8″.
  • Sedangkan untuk buku teks, ukurannya ada 3 macam, yaitu 6″ x 9″, lalu 7″ x 10″, dan juga 8.5″ x 11″.
  • Pada kategori buku non-fiksi, ukurannya juga ada 3 macam, yaitu 5.5″ x 8.5″, lalu 6″ x 9″, dan juga 7″ x 10″.
  • Untuk ukuran biografi ada 2 ukuran, yaitu 5.25″ x 8″, dan 5.5″ x 8.5″.
  • Yang terakhir adalah buku fotografi. Kali ini ukurannya bebas, sesuaikan dengan keinginan pihak pembuat.

Untuk cara membuat cover buku digital yaitu ebook, terbilang cukup sederhana. Rekomendasi ukuran idealnya sekitar 2.560 x 1.600 p. Untuk ukuran sampul buku elektronik. Walau sebenarnya ukuran lain pun dapat anda lakukan, namun ukuran yang disebutkan diatas, termasuk ukuran ideal untuk sebuah ebook.

Selain tentang ukuran cover, Anda juga perlu mempertimbangkan jumlah halaman yang ada di dalam buku tersebut. Juga perhatikan ketebalan kertas yang akan digunakan, layout huruf pada sampul yang akan digunakan, serta hal-hal lainnya.

Faktor-faktor tersebut cukup menentukan tebal tidaknya punggung buku yang akan digunakan sebagai rangka sampul ketika melakukan cetak buku di jasa percetakan buku murah. 

5. Memilih elemen tipografi

Sebagai salah satu aspek penting, dalam cara membuat cover buku yang menarik, elemen tipografi juga perlu untuk diperhatikan. Elemen tipografi ini adalah penggunaan huruf yang ada di sampul buku. Dalam hal ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Pertama-tama, ada baiknya, jika Anda melihat, aneka cover populer dari buku sejenis. Font jenis apa yang biasanya digunakan, ukuran berapa yang biasanya digunakan. Informasi ini juga termasuk cara membuat cover novel di hp, guna memudahkan para pembaca mengetahui judul secara lebih mudah.  
  • Tidak ada salahnya, jika anda menggunakan beberapa variasi ukuran font. Mulai dari jenis font untuk informasi judul, nama penulis, tagline, dan yang lainnya. Tidak ada salahnya jika memilih 2 hingga 3 variasi font yang berbeda, untuk digunakan pada teks di cover buku tersebut.
  • Kali ini, Anda harus fokus pada judul buku, dan bukan pada nama Anda sebagai pembuat. Tapi walaupun demikian, tetap sesuaikan nama penulis dengan judul buku itu sendiri. Jangan sampai nama penulis lebih besar, atau bahkan sama dengan judul buku. Lebih kecil, namun tetap terbaca dan dikenali dengan mudah.
  • Buat secara simple, namun tetap mencantumkan aneka informasi secara relevan untuk para pembaca.  

6. Mengumpulkan feedback

Untuk Anda seorang penulis yang sudah terkenal, dan masing bingung menentukan desain buku yang tepat. Tidak ada salahnya jika menanyakannya langsung pada para calon pembaca, dengan cara melakukan voting.

Teknik ini sendiri tidak hanya sebagai cara membuat cover buku novel cetak, namun bisa juga digunakan sebagai cara membuat cover buku 3d online. Kali ini Anda dapat menyampaikan ide cover, di beberapa media sosial yang dimiliki. Sisanya para pembaca yang akan memilihnya untuk Anda. yang paling banyak diminati, maka itu yang akan Anda gunakan.  

Tentunya dari ulasan di atas, jelas sudah, bahwa ternyata cara membuat cover atau sampul buku tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu mencari ide desain cover yang tepat, baik itu mencari ide sendiri, atau mencari inspirasi dari berbagai genre sejenis. Kemudian gunakan software atau aplikasi yang tepat, tapi jika masih bingung diantara 2 pilihan desain cover yang ada, tidak ada salahnya jika menyerahkannya pada para pembaca, memilihnya untuk Anda.

Kategori: Blog

error: Content is protected !!