Cara Buat Cover Buku

Terdapat pepatah yang mengatakan untuk tidak menilai buku dari sampulnya. Pada kenyataannya; sampul buku tetap menjadi faktor penting yang bisa membuat seseorang ingin membaca isinya ketika melihat sampulnya. Kini ada lebih banyak penggemar buku yang berbelanja melalui mata mereka. Artinya ketertarikan pada cover sebuah buku menjadi makin krusial dalam sudut pandang buku sebagai produk komersial.

Cetak buku murah pentas grafika telah memberikan pelayanan jasa percetakan buku atau print buku dan juga cetak majalah full colour, baik cetak buku unit ataupun cetak buku dalam jumlah besar. Maka dari itu kalau anda membutuhkan jasa cetak e-book langsung dapat menggunakan pelayanan cetak buku dari pentas grafika. Karena pentas grafika mampu memberikan layanan jasa cetak buku online dan bisa langsung dikirim ke alamat anda di seluruh wilayah Indonesia. cetak buku.

Hal inilah yang membuat cara buat cover buku yang menarik menjadi sangat penting. Penulis dan penerbit buku sebaiknya memberi perhatian lebih pada pengemasan buku yang akan dijual. Bagian kemasan buku ini salah satu elemen terpentingnya adalah bagian sampul atau covernya. Berikut ini beberapa elemen penting dalam mempertimbangkan desain yang sesuai bagi sebuah judul buku.

1. Latar Belakang Penulis Buku

Pada banyak kasus; latar belakang penulis buku bisa menjadi elemen branding dari sebuah buku. Hal inilah yang menjadi alasan mengenai cara buat cover buku unik berdasarkan latar belakang penulisnya. Pada desain buku dari penulis yang sebelumnya telah memiliki buku yang sukses; maka menjadikan desain cover buku tersebut sebagai elemen template pada buku berikutnya bisa menjadi pilihan yang bijaksana. Hal ini dilakukan untuk menegaskan kesan bahwa buku ini tidak kalah menarik jika dibandingkan dengan buku sebelumnya.

2. Mempertimbangkan Faktor Genre Buku

Genre merupakan salah satu latar belakang sebuah buku. Aspek ini juga bisa menjadi bagian dari perancangan cover atau sampul sebuah buku. Sebuah buku dengan genre fiksi ilmiah sebaiknya menunjukkan karakter genre tersebut sebelum pembaca membuka halaman pertamanya. Sampul bukulah yang memiliki tugas menyampaikan pesan tersebut kepada calon pembaca.

3. Memperhitungkan Target Pembaca

Adapun cara mendesain cover buku menarik adalah dengan memperhitungkan target pembacanya. Ii adalah kaidah yang sudah sangat jelas dibutuhkan dalam merancang cover sebuah buku. Buku anak – anak dan remaja sebaiknya memiliki gambar menarik dengan kombinasi warna cerah. Sedangkan buku untuk target pembaca dewasa membutuhkan sentuhan desain yang lebih menekankan makna dan menggambarkan isinya. Memberi kesan yang menarik dari melihat cover tetap menjadi faktor penentu.

4. Lokasi dan Cara Penjualan Buku

Kini tidak semua buku dijual di toko buku; ada banyak buku yang dijual secara online dan bahkan dijual dalam format digital. Hal ini juga mempengaruhi desain cover yang sesuai untuk tujuan – tujuan metode pemasaran tersebut. Rencana pemasaran sebuah buku akan mempengaruhi cara buat cover buku dan aspek tampilan visualnya. 

Pada buku yang dijual online; maka desain cover sebaiknya memiliki aspek bentuk yang memungkinkan untuk dibuat thumbnail yang menarik. Hal ini berkaitan dengan cara menawarkan produk di toko online yang akan menawarkan calon konsumen dengan produk serupa ketika sedang melihat sebuah produk. Warna yang menarik dan objek yang ikonik bisa membuat sebuah cover buku mengundang perhatian meski muncul dalam ukuran kecil.

Kategori: Blog

error: Content is protected !!